KEBUTAAN MATA HATI DISEBABKAN TIPUAN PEMANDANGAN DUNIAWI


“Jika mengejar sesuatu yang sudah dijamin oleh Allah engkau lakukan dengan sungguh-sungguh, tetapi kewajibanmu engkau abaikan. Inilah bukti bahwa mata hatimu telah buta.”

Gbr. @internet
Gbr. @internet

Allah Maha Kaya, Maha Memiliki segalanya, Dia tidak pernah lupa menjamin hidup dan rezeki makhluk-makhlukNYA, Maka tidak ada alasan untuk ragu sedikitpun terhadap urusan duniawi. Tidak ad alasan untuk sibuk memikirkan nasib di masa mendatang. Kita tidak tahu apa yang terjadi besok.

Sudah jelas-jelas Allah memberi jaminan rezeki dan penghidupan. Tetapi seingkali mengejarnya, sampai-sampai lupa diri. Hal itu kita lakukan disebabkan kita tidak yakin bahwa jaminan Allah itu datang.

Karena sibuk mengejar sesuatu yang sudah pasti berada di tangan, kita korbankan urusan yang lebih besar, urusan akhirat.

Tidakkah kita malu terhadap makhluk Allah SWR yang bernama cecak. Padahal dia sangat lemah dan tidak mempunyai kemampuan untuk mengejar rezekinya. Bayangkan, binatang cecak tidak bisa terbang. dia hanya merayap di dinding dan menanti nyamuk datang mendekat. Meskipun demikian, perut cecak tak pernah kosong. Allah Swt menjamin binatang yang lemah itu dengan rezeki atas kehendakNYA,

Cobalah direnungkan agar kita tidak menjadi rakus mengejar-ngejar rezeki yang sudah pasti. Agar kita tidak begitu mudah mengorbankan perkara yang lebih utama.

Akibat tenggelam dalam lautan duniawi, mengejar sesuatu yang sudah pasti, lalu kita lup bahwa diri ini adalah seorang hamba, punya kewajiban-kewajiban yang harus dilaksanakan. Inilah yang disebut buta mata hati.

Untuk itulah, dalam mencari rezeki, lapangan pelerjaan kita memang dianjurkan untuk berdoa (suatu kewajiban makhluk kepada Tuannya) dan berusaha. Namun janganlah kita terlalu dikejar obsesi, setoran yang di kemudian hari rezeki yang kita mungkin akan bertambah banyak namun tidak barokah, ada yang tidak halal.
Sebagai contoh seorang koruptor materi (baik berupa keuangan maupun jabatan/gila jabatan) yang akhirnya membawa diri manusia menjadi terobsesi untuk meraih kekayaan duniawi ini tanpa melihat untung ruginya, tanpa melihat apakah halal atau tidak. Jadinya menghalalkan segala cara. Atau seorang jaringan narkoba mematikan dan memalukan . Dia mengejar untung yang banyak tapi merugikan diri sendri dan orang lain yang lebih berat yang pada akhirnya akan jatuh karena perbuatannya sendiri.

Dalam mencari rezeki tetaplah semaksimal kemampuan kita, tetaplah ada yang kita berikan kepada orang lain seperti yayasan panti asuhan atau lembaga sosial yang dapat dipercaya. Insya Allah akan membawa kedamain dan ketenangan. Kita tidak reakus karena harta, tahta dan jabatan.

Dipublikasikan oleh : Novy ER

Daftar Pustaka :

1. Telaga Makrifat Mempertajam Mata Batin dan Indera Keenam karya Syekh Ibnu Atho’

 

 

Untuk semua usia tua muda, pria wanita, remaja, dewasa, ibu rumah tangga, karyawan(ti)….. Yang mau belajar nulis dan ngeblog bareng-bareng namun belum sempat bikin blog sendiri ayo gabung bersama kami.

Grup FB : http://www.facebook.com/#TravelWriting

Website :#TravelWriting

Whats App Grup “Writer” +628123368731

BBM Grup “Writer” 2AC53D74

One thought on “KEBUTAAN MATA HATI DISEBABKAN TIPUAN PEMANDANGAN DUNIAWI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s