Rek Ayo Rek, Jalan-Jalan Ke Surabaya


Sebuah lirik lagu khas arek-arek Suroboyo :

Rek ayo rek, mlaku-mlaku nang tunjungan [Ayo ngan]
Rek ayo rek, rame-rame bebarengan [Ayo ngan]
Cak ayo cak, sopo gelem melu aku
Cak ayo cak, golek kenalan cah ayu

Ngalor ngidul liwat toko ngumbah moto
Masiyo mung nyenggal nyenggol ati lego
Sopo ngerti nasib awak lagi mujur
Kenal anake sing dodol rujak cingur

Jo’ dipikir, koen podo gak duwe sangu [Ayo ngu]
Jo’ dipikir, angger podo gelem mlaku [Ayo ku]
Mangan tahu, jo’ dicampur nganggo timun [mun mun]
Malem minggu, gak apik digowo nglamun

reff :

Lan sopo ngerti nasib awak lagi mujur
Kenal anake sing dodol rujak cingur

Jo’ dipikir, koen podo gak duwe sangu [Ayo ngu]
Jo’ dipikir, angger podo gelem mlaku [Ayo ku]
Mangan tahu, jo’ dicampur nganggo timun [mun mun]
Malem minggu, gak apik digowo nglamun

Malem minggu, gak apik digowo nglamun

Sebutan Surabaya Kota Pahlawan karena banyak pahlawan yang dengan gigih berjuang dalam memperebutkan kemerdekaan negeri kita tercinta, Indonesia. Dan banyak tempat bersejarah pula di kota ini. So, Hari Pahlawan yang diperingati tiap tanggal 10 November adalah untuk megingatkan kita akan riwayat para pejuang bangsa.

Surabaya itu ibukota Propinsi Jawa Timur yang terbesar kedua setelah Jakarta lho… Sudah pada tahu, bukan? Berasal dari sebuah mitos, yakni Sura yang berarti Hiu, Baya itu Buaya yang semuanya ada dalam Bahasa Jawa. Surabaya juga memilik pelabuhan terbesar lho.. Ada banyak tempat wisata di Surabaya yang mesti dikunjungi saat jalan-jalan ke Kota Surabaya.

Dari Surabaya Selatan … ada Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang menyajikan lengkap aneka binatang. Cocok buat adik-adik yang ingin mengetahui secara tentang binatang. Lokasinya ada di Wonokromo wilayah Surabaya Selatan. Nggak jauh dari KBS sebenarnya ada juga wisata Water Park di Ciputra yag berada di Wiyung.

Mau jalan-jalan ke mall? Ada TP (Tunjungan Plaza) yang besar banget dan paling asik bat nikmati mall di kelas elit ini. So..siapin uang yang banyak kalau mau borong barang di TP ya… Ada juga sih yang grosiran di DTC daerah Wonokromo. Ada lagi Royal Plaza, Giant Plaza yang dekat dengan kawasan kampus Unesa (Universita Negeri Surabaya).

Di utara Surabaya ada Pantai Ria Kenjeran yang dekat pula dengan makam pencipta lagu nasional Indonesia Raya. Siapa hwayo? Yuk.. jangan dilupain ya untuk berziarah ke makam seorang tokoh nasional yang lagu ciptaannya menjadi lagu nasional kita yaitu ke makam Bapak WR Supratman. Bila mau ziarah ke makam sunan Ampel juga nggak jauh dengan Pasar Turi (psaar murah di surabaya) dan Jembatan Merah Plaza (nah di sini mall yang terkenal dengan grosirnya). Atau mau jalan-jalan ke kawasan Kya-Kya yang serba merah di Kembang Jepun.

Surabaya yang panas, Surabaya yang ramai padat penduduk, Surabaya yang macetnya tak kalah dengan ibukota Jakarta…. Namun Surabaya yang punya banyak menyimpan kenangan dan nilai sejarah cukup tinggi bagi Indonesia, Surabaya yang banyak mall, Surabaya yang punya wisata kuliner tak ketinggalan.

Haus? Lapar? don’t worry friend… di kios-kios ataupun mall-mall telah tersedia minuman Sari PAel Jawara. Makannya terkenal dengan Lontong Balap yang hmm…lezatnya, Lalapan bebek Goreng (ngiler dech..jadi pengin nih…), Rawon khas Suroboyo,dan masih banyak lagi lainnya.

By the way, dari tadi kita ke mall melulu ya.. Mana nih tempat bersejarah bagi kita warga negara Indonesia? Tugu Pahlawan. Sebuah tugu untuk mengenang jasa para pahlawan yang berjuang membela negerinya. Rasa-rasanya belum puas kalau belum ke tugu Pahlawan yang lokasinya berada di depan kantor Gubernur Jawa Timur. Coba cari sendiri sejarah Hari Pahlawan ini dengan berkunjung ke Kota Surabaya.

Monumen Jalesveva Jayamahe….. Tempat ini lebih dikenal dengan sebutan Monjaya yang terletak di pangkalan TNI-AL Perak.

Nah, buat kalian yang Muslim tentu tak ingin meningglkan sholat wajib, bukan? Agar perjalanan anda selamatdari berangkat hingga pulang ke kampung halaman masing-masing. Coba dech untuk sholat di Masjid BAru Cheng Hoo. Masjid yang namanya seperti nama milik orang China ini memang benar bena dibangun oleh orang China yang baru memeluk Islam. Nggak heran pul kalau warna masjid ini dominan warna merah menyala (tapi emang keren abiz ya.. bukan karena merah itu warna favorit saya lho..) Lokasinya berada di Jalan Gaing, Ketabang-Genteng Surabaya atau sekitar 1000 meter sebelah utara Gedung Balai Kota Surabaya.

Adapun masjid besar yang konon merupakan masjid terbesar se Asia Tenggara selain Masjid Istiqlal di Jakarta) yakni Masjid Al Akbar yang berada di Jalan Gayang Sari. Masjid yang berdiri di atas tanah seluas 11,2 hektar dengan luas bangunan mencapai 28509 meter persegi.

Museum Kapal Selam…. Bila ingin mengetahui lebih lanjut tentang musem kapal selam ini ada baiknya datang sendiri atau ramai-ramai agar lebih jelas. Bayangkan seolah-olah kita berada di bawah laut.

Nah.. puas kan jalan-jalan di kota Pahlawan..kota terbesa kedua setelah Jakarta? Waau panas tapi hati dan pikiran fresh sudah mengelilingi Kotanya Arek-Arek Suroboyo ini. Yang penting jangan lupa ya…kalau haus beli aja minuman yang seger abiz terbuat dari buah khas Kota Wisata Batu Jawa Timur, yakni minuman sari apel JAWARA. Di Surabaya ada banyak tempat yang menjajakan minman yang kaya vitamin ini. Di kios-kos biasa sampai mall-mall.

Maybe, keterangan masih kurang. Mohon maaf karena keterbatsan ilmu yang saya miliki. Insya Allah akan saya tambah disertai dengan foto-foto yang lebih menarik lagi untuk disimak.

Salam Wisata,

Novy ER

 

 

 

 

 

Untuk semua usia tua muda, pria wanita, remaja, dewasa, ibu rumah tangga, karyawan(ti)….. Yang mau belajar nulis dan ngeblog bareng-bareng namun belum sempat bikin blog sendiri ayo gabung bersama kami.

Grup FB : http://www.facebook.com/#TravelWriting

Website :#TravelWriting

Whats App Grup “Writer” +628123368731

BBM Grup “Writer” 2AC53D74

 

 

 

klik pula video lagu Rek Ayo Rek … http://www.youtube.com/watch?v=9HFcEM9dFbg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s