Doa Nifsu Syaban


Bada Maghrib baca yaasiin 3 kali dg niat yg tertera, mlmnya sholat taubat, tasbih dan hajat. semoga permohonan kalian dikabulkan dan panj umur utk ibadah . Amin
Bada Maghrib baca yaasiin 3 kali dg niat yg tertera, mlmnya sholat taubat, tasbih dan hajat. semoga permohonan kalian dikabulkan dan panj umur utk ibadah . Amin

Di antara bulan-bulan Islam dalam setahun. Ada bulan Rajab, Syaban dan Ramadhan yang merupakan rangkaian bulan berurutan yang memiliki keistimewaan tersendiri. Rasulullah SAW bersabda, “Rajab adalah bulan Allah, Syaban adalah bulanku, sedangkan Ramadhan adalah bulan umatku.” Tiga rangkaian bulan itu selalu dijadikan acuan untuk meningkatkan ibadah kepada Allah. Banyak hadits yang menganjurkan kita memperbanyak ibadah pada bulan-bulan itu, termasuk puasa dan sholat sunah.
Dan sekarang ini telah memasuki bulan Syaban. Mengenai bulan Syaban yang di dalamnya terdapat saat yang sangat istimewa, yaitu malam Nifsu Syaban.
Dalam kitab Raudhah Al-‘Ulama diriwayatkan, Rasulullah SAW berkata, “Tahukah kamu apa sebab bulan itu dinamakan Syaban?” Mereka, para sahabat, menjawab, “Allah dan RAsul-Nya lebih menngetahui.” Lalu beliau bersabda, “Karena pada bulan itu tasya’ub (bercabang-cabang) kebaikan yang banyak.”
Malam Nifsu Syaban adalah malam yang mempunyai kelebihan dibandingkan malam-malam lainnya, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits-hadits. Di antaranya, Nabi SAW bersabda, “Pada malam ketiga belas dari bulan Syaban, Malaikat Jibril pernah datang kepadaku seraya berkata, ‘Wahai Muhammad, bangunlah engkau. Sesungguhnya telah datang waktu bertahajud, supaya engkau dapat bermohon akan maksudmu tentang umatmu.’ Maka Nabi pun melakukan itu.

Nifsu Syaban atau pertengahan bulan Syaban yang pada tahun 1431 Hijriyah ini akan jatuh pada hari Senin Kliwon 14 Syaban atau bertepatan dengan 26 Juli 2010. Acara Nifsu syaban dimulai dengan sholat dua rakaat setelah sholat Maghrib dan kemudian dilanjutkan dengan membaca surah Yaasiin dan doa Nifsu Syaban sebanyak tiga kali.
“Sholat dua rakaat sesudah sholat Maghrib. Sesudah membaca surah Al Fatihah pada rakaat pertama, hendaklah membaca surah Al Kafirun. Dan pada rakaat kedua sesudah Al Fatihah, yaitu membaca surah Al Ikhlash.“
Bacaan surah Yaasiin dan doa Nifsu Syaban itu diniatkan untuk memperbaiki nasib dan takdir kita. Adapun bacaan yang pertama hingga ketiga (sesudah salam, membaca surah Yaasiin tiga kali dengan niatan dan bermohon) :
a.minta ditetapkan iman (memohon agar kita diberi ketetapan dan kekuatan iman kepada Allah dan tak pernah goya pendirian).
b.minta rezeki yang halal dan banyak untuk bekal ibadah (memohon kepada Allah, yang tidak menghalangi kita untuk mendekatkan diri kepadaNya)
c.minta diperpanjangkan umur karena ibadah kepada Allah Ta’ala (agar Allah memberi kita usia yangpanjang dan berkah)

Doa-doa Nifsu Syaban selalu dibaca di beberapa negara berdasarkan hadits rasulullah. “Ajal-ajal manusia itu diputuskan dari Syaban hingga bulan Syaban berikutna. Ada orang yang baru menikah, dan ada yang anaknya baru saja lhir, namun nama orang itu telah tercantum dalam Buku Induk.” (Hadits Riwayat Imam Ad-Daylani, Ibnu Abid Dunya, Ibnu Jarir, Al Baihaqi, dan Ibnu Abi Hatim).

Hadits Riwayat Aisyah juga menyatakan ahwa Rasulullah seribf berpuasa sebulan penuh pada blan Syaban. Aisyah bertanya dan Rasullah menjawab, “Sesungguhnya Allah menetapkan pada bulan Syaban setiap orang yang akan mati pada tahun itu. Maka aku ingin datangnya ketetapan ajalku itu pada saat aku berpuasa.”

Dalam HR. Abu Ya’la menyatakan bahwa Atha’ bin Yasar berkata, “Apabila malam Nifsu Syaban tiba, kepada malaika juru pati diserahkan buku Induk Kematian, seraya diaktakan kepadanya, “Cabutlah nyawa orang-orang yang namanya tercantum dalam buku inisesuai waktunya?” Sunggu ada orang yang sedang bercocok tanam, ada yang baru menikah, ada yang baru saja membangun rumah,sedangkan nama mereka telah tertera dalam Stambuk Kematian Tahunan itu.

Dalam doa Nifsu Syaban ini tertera makna agar Allah mengubah nasib buruk kita menjadi nasib yang baik. Allah adalah Dzat Yang Maha Menentukan nasib kita. Kita berharapagar semua kebaikan dilimpahkan kepada kota melalui catatan Buku Induk (Ummul Kitab) Allah di Lauh Mahfudh.

Insya Allah doa kita akan dikabulkan Allah. Apalagi kita bperkuat juga puasa (yang penuh keikhlasan karena Allah Ta’ala) pada bulan Syaban, seperti yang dilakukan Rasululah, para sahabat, para ulama, dan kaum saleh lainnya.

Adapun doa Nisfu Syaban yang artinya sebagai berikut :
“Ya Allah, Yang Mempunyai Karunia, dan tiada seorang pun yang mengaruniai Engkau, Hai Yang Memiliki Keagungan dan Kemuliaan, hai Yang Maha Kaya dan Maha Pemberi nikmat, tidak ada Tuhan kecuali Engkau, Yang Meninggikan pangkat orang-orang yang bergantung kepadaNYA, dan melindungi orang-orang yang minta perlindungan, dan Penjaga orang-orang yang takut. Ya Allah, jika Engkau telah menulis (tetapkan) bagiku pada buku induk di sisi Engkau, tentang kecelakaan, halangan kekurangan dan sempit rezeki, maka hapuslah Ya Allah! Dengan keutamaan Engkau, kecelakaanku, halanganku, kekuranganku, dan kesempitan rezekiku, dalam buku indukMU dan tetapkanlah aku di sisi Engkau, sebagai orang yang beruntung, yang dianugerahi rezeki dan yang memperoleh taufik untuk berbuat kebaikan. Sesungguhnya Engkau telah berfirman dan firman MU itu adalah hak dalam kitabMU yang diturnkan pada lisan Nabi Muhammad yang diutus. Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan (apa yang Dia kehendaki). dan di sisiNyalah terdapat Ummul Kitab.
Ya Allah, dengan kebesaranMU yang nyata pada malam pertengahan bulan Syaban yang mulia, yang pada malam itu segala perkara ditetapkan, maka hapuskanlah dari kami keburukan yang kami ketahui, dan apa saja yang Engkau lebih mengetahui sesungguhnya Engkau Maha Mengethaui perkara yang gaib.
Dengan belas kasihMU! Hai Dzat Yang Pengasih lagi Penyayang, tetapkanlah keberkatan dan kesejahteraan atas junjungan Nabi Muhammad SAW keluarganya dan para sahabatnya.

 

Untuk semua usia tua muda, pria wanita, remaja, dewasa, ibu rumah tangga, karyawan(ti)….. Yang mau belajar nulis dan ngeblog bareng-bareng namun belum sempat bikin blog sendiri ayo gabung bersama kami.

Grup FB : http://www.facebook.com/#TravelWriting

Website :#TravelWriting

Whats App Grup “Writer” +628123368731

BBM Grup “Writer” 2AC53D74

Novy ER

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s