Wisata Religi


Banyak sekali sekarang ini acara-acara wisata yang bersifat religi seperti berwisata ke makam para wliyullah atau ulama dan tokoh keagamaan. Sebelum kita salah tujuan dalam berwisata religi ada baiknya kita mengetahui tentang apa arti ziarah / wisata religi agar tidak ada hal yang berbau syirik.

ZIARAH

 

A. PENGERTIAN ZIARAH

Yang dimaksud ziarah adalah berkunjung ke tempat-tempat suci atau tempat bersejarah seperti kota Madinah, Mekah atau tempat lain seperti tempat para ulama / waliyullah yang teah tiada.

Sedangkan untuk ziarah kubur, apapun motivasinya, dalah sesuatu yang telah sangat kita kenal. Banyak orang yang melalkukannya karena tradis sehingga tak mengetahui atau tak menyadari tujuan dan hikmahnya Ada juga yang melakukannya kare a suatu alasan duniawi. Tetapi tak sedikit pla orang yang berziarah berdasarkan pemahamannya tentang ajaran agama.

Ziarah kubur, apa pun motivasinya adalah sesuatu yang telah sangat kita kenal. Banyak orang yang melakukannya karena tradisi sehingga tak mengetahui atau tak menyadari tujuan dan hikmahmya. Ada juga yang melakukannya karena suatu alasan duniawi. Tetapi tak sedikit pula orang yang berziarah berdasarkan pemahamannya tentang ajaran agama.

Sesungguhnya ziarah kubur adalah sesuatuyang sangat pentin dan merupakan bagian dari ajaran agama. Kareanya, menjadi kepentingan kita untuk mengetahui masalah ini dengan sebenarnya, termasuk tata cara melaksanakannya.

B. TUJUAN ZIARAH

Ziarah merupakan amalan yang bertujuan melihat dari dekat tempat-tempat  bersejarah dan untuk menyaksikan secara nyata tempat-tempat penting dalam perkembangan agama Islam, agar dapat mempertebal iman. Ziarah ke tempat bersejarah, baik mekkah, Madinah maupun tempat lain tidak termasuk rangkaian ibadah haij.

C. HUKUM ZIARAH

Hukum asal berziarah ke tempat-tempat bersejarah adalah adalah mubah. Bila dilaksanakan dengan niat yang baik untuk menambah iman dan keyakinan terhadap ajaran Islam hukumnya menjadi sunah.

Tetapi apabila dilaksanakan dengan cara  berlebihan, misalnya dengan cara mengeramatkan tempattempat tersebut sehingga menimbulkan kemusyrikan hukumnya menjadi haram.

Dalil Disunahkannya Ziarah Kubur

Tidak sedikit hadits Nabi Muhammad SAW yang menunjukkan sunnahnya melakukan ziarah kubur. Di antaranya dalam sebuah hadits dari Sulaiman bin Buraidah dari ayahnya dari Nabi SAW, disebutkan bahwa beliau bersabda :

D. TEMPAT ZIARAH

Ada banyaktempat yang biasa kita ziarahi baik itu di Saudi Arabia maupun di Indonesia.

 

Sekian, dan akan bersambung – Insya Allah-

Untuk semua usia tua muda, pria wanita, remaja, dewasa, ibu rumah tangga, karyawan(ti)….. Yang mau belajar nulis dan ngeblog bareng-bareng namun belum sempat bikin blog sendiri ayo gabung bersama kami.

Grup FB : http://www.facebook.com/#TravelWriting

Website :#TravelWriting

Whats App Grup “Writer” +628123368731

BBM Grup “Writer” 2AC53D74

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s