Pusat Pariwisata Jawa Timur Ada Yang Mau Ultah


Tanggal 17 Oktober adalah hari ulang tahun sebuah kota kecil yang kesembilan. Kota kecil namun memiliki  nama besar utamanya di bidang kepariwisataan yang akhir-akhir

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

makin meningkat kunjungan para wisatawannya .

Hawanya yang dingin dan sejuk, khas buah apel yang lezat tiada tandingannya, obyek wisata yang makin dan menarik serta masyarakatnya yang ramah pula. Belum lagi kawasan sejuta villa yang terkenal sejak lama.

Ya, itulah Kota Batu, kota yang letaknya kurang lebih 20 km dari arah Kota Malang. Terlepas dari Kabupaten Malang sudah sembilan tahun.  Menjadi pusat pariwisata di Propinsi Jawa Timur. Semoga bisa menjadi pusat pariwisata secara go internasional menyusul Pulau Dewata Bali.

Sesuai dengan motto tahun ini  “Dengan keberanekaragaman masyarakat bersatu padu demi terwujudnya Kota Wisata Batu sebagai sentral pariwisata berbasis pertanian”  benar-benar dapat diharapkan menjadi kota idaman para wisatawan yang berlibur di Kota Wisata Batu.

Dari area wisata yang baru dan menjadi booming seperti Batu Night Spectacular (BNS), Jatim Park 1 dan Museum Satwa dengan Pohon Inn (Hotel Pohon) nya yang unik dan bagus akan menunjang nilai jual pariwisata di Kota Batu. Meningkatnya tingkat perekonomian masyarakat Kota Batu, Pendapatan Asli Daerah yang juga ikut meningkat.  Namun jangan pernah untuk tetap menjaga kelestarian kota yang identik dengan hawa sejuk dan dingin (tempat wisata yang paling cocok untuk menjernihkan pikiran setelah berhari-hari berkutat dengan aktivitas rutin), dan buah apel yang tetap dijaga kelezatannya agar tidak kalah dengan produk luar negeri.  Seperti Museum Satwa yang meagh, parkir yang cukup luas agar tetap menjaga yang namanya penghijauan. Parkir tetap sejuk, tidak panas. Ditanami pephononan atau tanaman yang dapat menyejukkan mata. Jatim Park 1 yang banyak permainannya dan luas tempat wisatanya. Para wisatawan tidak merasa seperti di daerah yang panas dan tetap merasakan kesejukan kota saat mengelilingi arena wisata di mana permainannya yang banyak dan bertambah tiap tahun untuk tetap menjaga penghijaun di Kota Batu yang dingin. Batu Night Spectacular, jadilah hiburan di malam hari yang positif. Jangan pernah ada konotasi negatif dengan dibukanya lokasi wisata malam hari di Kota Batu dan Malang Raya. Jangan pernah adakan yang namanya diskotik yang mudah untuk menjadi basis barang haram seperti Narkoba memalukan dan mematikan serta pusat prostitusi. Tapi BNS yang ada di Oro Oro Ombo Kecamatan Junrejo Kota Batu menjadi andalan wisata malam hari yang bernilai positif.

Walaupun Batu sekarang lebih fokus dengan 3 wisata baru, jangan dilupakan wisata lama yang juga menyenangkan. Puncak Payung jadikan seperti Puncak Bogor yang sejuk. Pemandangan dari ketinggian Kota Batu yang sangat mengesankan. Kawasan sejuta villa di Lembah Songgoriti juga seharusnya ditata menjadi pusat wisata yang pantas menjadi pilihan para wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahan panorama alam Kota Batu. Apa yang akan dilakukan Waikota Batu untuk menjadikan Songgoriti Dahsyat benar-benar membuat masyarakatnya tidak lagi diasingkan setelah bermuncullan wisata-wisata baru di Kota Batu. Ingat, di Songgoriti ada cerita sejarah dan bangunan Candi Supo. Ayo kita rawat sama- sama dan menjadi wisata sejarah di bidang peninggalan zaman kuno seperti Candi Prambanan, Borobudur dan lain-lain yang jadi jujugan wisatawan di daerah Yogyakarta. Awal masuk kawasan Lembah Songgoriti yang indah, begitu nampak keasrian panorama alam Kota Batu. Mohon agar tidak ada lagi pembangunan baik untuk rumah penduduk, villa maupun hotel agar keasrian Kota Batu tetap terlihat baik dengan alam hijau yang berseri. Kawasan villa lebih ditertibkan dan marilah kita cari gagasan untuk menjadikan kawasan villa wisata yang menarik. Pemandian Air Panas Alami dari sumber air Kota Batu yang konon bisa menyembuhkan penyakit seperti rematik, Pemandian Tirta Nirwana (bersebelahan dengan penginapan sederhana yang Insya Allah barokah, VILLA NOVA SONGGORITI) yang sejuk dengan alam lestari, arena outbound yang paling oke dan ada tempat sepeda airnya pula marilah kita tingkatkan lebih menarik lagi. DAn kami mohon di areal Songgortiti tidak ada lagi pembagunnan untuk perumahan seperti yang sudah terjadi. Cukuplah yang sudah ada. Karena kami ingin kelestarian Songgoriti menjadi daya tarik para wisatawan yang ingin mellewatkan suasana adem di Kota Batu dan bermalam di kawasan sejuta villa Kampung Songgoriti Dahsyat seperti di Villa Nova Songgoriti.

Taman Rekreasi Pilihan Selecta jga jangan pernah dilewatkan. Hawa khas Kota Batu yang sangat dingin benar-benar Anda rasakan di sini. Belum lagi sejarah Bung Karno yang pernah bermalam di Hotel Selecta.  Dari Selecta menuju Pemandian Air Panas Alami CAngar yang bisa tembus ke Pacet Mojokerto. Jalanan tikungan tajam denganpanorama alam yang indah, ayo.. ayo.. kita adakan penghijauan. Jangan ada perumahan atau bangunan megah di sana namun penghijauan untuk melestarikan kekhasan Kota Batu yang sejuk, yang dingin, yang indah dengan panorama alam buatan Tuhan Yang Maha Esa.

Paralayang kita galangkan dan semakin kita promosikan arena wisata yang memicu adrenalin ini. Pncak ketinggian Kota Batu dan Malang Raya yang indah asyik dinikmati dengan ikutan paralayang. Lha, kalau kOta Batu sudah jarang alam yang hijau berseri, apa yang mau dilihat? Masa mau seperti Jakarta, Surabaya yang panas dengan penuh bangunan bercakar langit itu saja.

Arung jeram atau rafting, juga menjadi olah raga dan wisata yang paling diminati. Kota Batu juga memiliki kawasan untuk arung jeram. Kota Batu yang  kaya sumber air tapi mengapa aliran sungai untuk arung jeram kalah deras dengan yang berada di Kasembon Kabupaten Malang dan Pekalen Probolinggo?

Outbound juga paling asyik bila kita lakukan di tempat yang penuh dengan penghijauan. Kalau Kota Batu yang dingin tidak lagi dingin, lalu apa lagi yang mau dijua ke para wisatawan yang menghendaki rekreasi untuk menjernihkan dan mendinginkan pikiran setelah lelah denganaktivitas selama berhari-hari?

PENGHIJAUN, REBOISASI itulah saat ini tepat bagi Kota Wisata Batu untuk meningkatkan pendapatan asli daerah dan tingkat perekonomian masyarakat di bidang pariwisata. Jangan hanya mencari keuntungan tanpa melihat sisi positif sebuah kota yang sangat diinginkan para wisatawan yang benar-benar ingin berlibur.

Penulis,

Novy ER

 

 

Untuk semua usia tua muda, pria wanita, remaja, dewasa, ibu rumah tangga, karyawan(ti)….. Yang mau belajar nulis dan ngeblog bareng-bareng namun belum sempat bikin blog sendiri ayo gabung bersama kami.

Grup FB : http://www.facebook.com/#TravelWriting

Website :#TravelWriting

Whats App Grup “Writer” +628123368731

BBM Grup “Writer” 2AC53D74

NB :

TULISAN INI MASIH TERUS BERLANJUT… TUNGGUIN YA>>>

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s