Poligami Itu Diperbolehkan


Lebih baik poligami daripada dollygami... ada benarnya, tp sdhkah para lelaki bs bersikap adil dan bijaksana?
Lebih baik poligami daripada dollygami… ada benarnya, tapi  sudahkah para lelaki bisa bersikap adil dan bijaksana? (gbr dari google)
 Lelaki kalo mampu bersikap adil memang diperbolehkan memiliki istri lebih dari satu. Harus Tanggung jawab penuh terhadap keluarga. Rasulullah menikah lebih dari satu itu juga semua berstatus janda, bukan karena nafsu.Yang gadis hanya satu yakni Aisyah ra. Dan Rasulullah lebih mengerti mengapa dia harus menikah lebih dari satu? Mengapa harus menikah dengan para janda itu? Tentunya sebagai manusia yang paling special di muka bumi ini, hanya Rasulullah SAW saja yang bisa menjalani pernikahan lebih dari satu. Dan yang pasti itu dilakukan bukan karena pernikahan secara duniawi saja, namun pernikahan Rasulullah benar-benar untuk beribadah kepada Allah SWT.
Lelaki sekarang yang sudah menikah dan ingin berpoligami sering juga  mengambil contoh dari Nabi Muhammad yang memang dengan beberapa wanita. Tapi seperti yang saya tuliskan di atas, Nabi Muhammad itu menikah degan para janda dan hanya satu yang gadis. Nabi Muhammad menikah karena benar-benar dengan niat ibadah. Bukan hanya pernikahan duniawi saja. Bukan hanya karena nafsu syahwat belaka. Dan satu-satunya manusia yang paling sempurna hidupnya ya hanya Nabi Muhammad. Kita bisa meneladani perilaku Nabi tapi untuk menikah lebih dari satu harus kita pertimbangkan secara matang. Bukan hanya sesaat.
Apakah anda para lelaki yang  berniat punya istri lebih  dari satu dikarenakan apa? Luruskan niat terlebih dahulu bila ingin istri lebih dari satu. Hati ditata yang benar.  Materi juga harus diperhitungkan secara matang. Bila sekarang ada lelaki beristri yang memiliki  kehidupan mapan, apa bisa dijamin hidup seterusnya akan mapan? Tidak adakah tersirat di hati bila suatu saat nanti Tuhan mengambil harta yang dititipkan melalui lelaki kaya yang menikah lebih dari stau itu? Materi bukan jaminan bisa hidup bahagia dan keinginan untuk menikahi banyak wanita. Wanita tidak bisa dimanja tidak hanya dengan harta.
Jatuh cinta itu memang indah dan mudah. Tapi mempertahankan cinta yang sudah terbina tidak segampang jatuh cinta. Butuh banyak rumus untuk bisa mempertahankan cinta suci yang sudah dibinanya.
Wahai lelaki, ingatkah Anda akan perjuangan dalam mendapatkan istri tua Anda? Tentu butuh perjuangan dan pengorbanan. Mengapa harus dikorbankan orang yang setelah sekian lama mendampingi hidup kita baik suka dan duka?
Simak ayat Al qur an dalam surah AN Nisa ayat 3 yang artinya ““Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu menikahinya), maka nikahilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga, atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (nikahilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.
Bagi yang punya pandangan lebih baik berpoligami daripada berselingkuh karena takut perzinahan terjadi memang ada baiknya.begitu pula yang berpandangan lebih berpologami daripada melakukan tindakan perzihanan dengan melakukan jajan sembarangan dengan para tuna susila yang kemudian timbul penyakit kelamin yang tidak ada obatnya itu kecuali pertaubatan dan menjauhi hal-hal yang diharamkan oleh agama.Namun, kita harus berpikir lebih mendalam lagi untuk bisa berpoligami. Lebih baik poligami daripada dollygami… ada benarnya, tapi sudahkah para lelaki bisa bersikap adil dan bijaksana? Renungkanlah arti poligami yang sesungguhnya! Renungkanlah keluarga Anda! Renungkanlah ayat di atas tentang poligami!
Penulis,
NOVY    E.R.

 

Untuk semua usia tua muda, pria wanita, remaja, dewasa, ibu rumah tangga, karyawan(ti)….. Yang mau belajar nulis dan ngeblog bareng-bareng namun belum sempat bikin blog sendiri ayo gabung bersama kami.

Grup FB : http://www.facebook.com/#TravelWriting

Website :#TravelWriting

Whats App Grup “Writer” +628123368731

BBM Grup “Writer” 2AC53D74

2 thoughts on “Poligami Itu Diperbolehkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s