NARKOBA MERUSAK ANAK BANGSA YANG PALING BAHAYA


 

BERANTAS NARKOBA MEMALUKAN
BERANTAS NARKOBA MEMALUKAN

Salah satu fenomena yang mengkhawatirkan di kalangan remaja dan orang tua saat ini  adalah merebaknya NARKOBA. Dunia Kedokteran melaporkan bahwa sekitar 70 persen pelaku penyalahgunaan narkotika  adalah para remaja. Belakngan ini, banyak dijumpai remaja yang masih duduk di bangku sekolah terlibat sekaligus sebagai pengedar. Bahkan  belakangan ini, ada upaya memasukkan NARKOBA ke anak-anak sekolah dasar melalui berbagai cara, seperti memasukkan ke dalam makanan yang djual di kantin sekolah, memasukkan ke ujung pensil atau pulpen yang biasa dihirup atau dijilat anak-anak dan lain sebagainya.

Fenomena  ini sangat mengkahawatirkan, karena NARKOBA dapat menghancurkan masa depan remaja itu sendiri., bahkan jika kejadiaannya massif dapat menghancurkan masa depan bangsa. Betapa tidak, seorang yang sudah kecandu NARKOBA, ia akan berusaha memuaskan dirinya sendirir dantidak memiliki kepedulian terhadap orang lain. Cara apapun akan dilakukannya untuk mendapatkan NARKOBA, tidak peduli dengan berbohong, bahkan mencuri. Orang-orang yang sudah tercandu NARKOBA tidak memiliki lagi piiran yang jernih untuk mempersiapkan masa depannya, apalagi masa depan orang lain. Yang dipikirkannya hanya masa kini saja, yaitu bagaimana memuaskan dirinya dengan NARKOBA. Ia akan bersedih jika tidak menemukan NARKOBA dan akan melakukan apa saja untuk mendapatkannya.

Remaja dan para pengguna atau pengedar  akan kehilangan masa depannya jika bergelimang dengan NARKOBA. Ia akan merepotkan dan menjadi beban bagi orang lain. Bayangkan jika mayoritas remaja kecandu NARKOBA, mau jadi apa bangsa ini. Padahal di masa depan, kemajuan suatu bangsa sangat ditentukan  oleh generasi muda yang briliyan, cerdas, dan memiliki wawasan masa depan. Jika kita tidak mempersiapkan diri, jangan harapkita memiliki masa depan yang cerah.

Karena itu, sudah seharusnya para remaaj menjauhi NARKOBA apapun bentuknya. Untuk menjauhi NARKOBA, memang bukan perkara mudah, apalagi bagi remaja yang tinggal di perkotaan. Karena di perkotaan banyak hal yang dapat  menyebabkan seorang remaja tercandu NARKOBA., seperti rasa ingin tahu karena teman-teamn bercerita tentang kenhikmatan NARKOBA, perasaan  tidak enak jika menolak ajakan teman, pelarian masalah, keluarga yang tidak harmonis, dan kuatnya jaringan pemasaran NARKOBA di perkotaan.

Di kota-kota besar, pelajar yang menggunakan NARKOBA biasanya tidak malu-malu lagi bercerita kepada temannya. Ia biasanya menceritakan keindahan dan kenikmatan NARKOBA sambil mengejek temannya  jika tidak mau mencoba. Biasanya dikatakan kepada remaja yang tidak mau mencoba NARKOBA “Kampungan lu kagak mau nyobain!” atau “Ah, lu kahak gaul amatsich! Cobain dech dikit aja!” Tentu saja, rasa ingin tahu dan perasan tidak enak  untuk menolak ajakan teman bersatu, hingga akhirnya ia pun mencobanya. Setelah itu ia pun jadi  seorang pecandu. Kejadian ini terjadi pada banyak anak-anak remaja di sekolah baik  di SLTP maupunSLTA, bahkan mereka yang sudah di perguruan tinggi.

Di kota-kota besar, banyak remaja yang memiliki masalah   mencari solusinya  dngan mengkonsumsi NARKOBA. Persoalan yangd ihadapi remaja di kota biasanya seputar cinta yang tidak direspon  oleh prang yang dikasihinya, putus cinta, pelajaran yangdianggap sulit hingga nilainya sellau jelek, persoalan dalam keluarganya dan lain-lain. Munculnya persoalan tersebut secara cepat dapat menjerumuskan seorang remaja untuk mengkonsumsi obat-obat terlarang karena didukung pula oleh banyak bergelantayangannya mafia-mafia pengedar obat terlarang.

Agar remaja tidak terjerumus mengkonsumsi NARKOBA, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh remaja :

  1. Mengetahui Keharaman Mengkonsumsi Narkoba Dari Sudut Agama

Seorang remaja harus mengetahui bahwa mengkonsumsi NARKOBA hukumnya haram. Dalam Islam, keharaman NARKOBA dianalogikan denagn minuman keras (khamr). Allah SWT berfirman dalam QS. Al Maidah :90 yang artinya :

“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk0 berhala, mengudi nasib dnegan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keuntungan.”

Sabda Nabi :

“Setiap yang memabukkan adalah khamer dan setiap khamr adalah haram.” (HR. Muslim)

NARKOBA adalah zat yangbisa memabukkan, karena itu NARKOBA juga termasuk khamer, maka hukum mengkonsumsi NARKOBA adalah haram. Bahkan mengkonsumsi dalam jumlah yang sangat sedikitpun haram. Rasulullah SDAW bersabda :

“Zat apapun kalu banyaknya membaukkan maka sedikitnyapun haram.”(HR. Ahmad, Abu Daud dan Tirmidzi)

Siapa yangmelakukan perbuatan haram berarti ia telah melakukan dosa. Setiap dosa berarti kepedihan di apai neraka. Bahkan dalam syariat Islam, pengonsumsi NARKOBA hukumannya berat, yaitu didera ssamapi 80  kali.

  1. Memperkuat Pertahanan Spiritual

Agar remaja tidak mudah terpengaruh oleh ajakan atau bujukan kawan dna mampu mengatasi rasa keingintahuannya, maka remaja harus meningkatkan spiritualitasnya. Spiritualitas adlah kondisi jiwa yang senantiasa  diarahkan kepada ALLAH SWT. Untuk meningkatkan spiritualias, seorang  remaja  harus mengamalkan ajaran-ajaran Islam secara kaffah (menyeluruh). Seorang remaja harus sholat lima waktu dengan baik, kalu bisa ditambah sholat-sholat sunnah. Karena sholat dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar. Seorang remaja juga harua melaksanakan puas wajib  setiap bulan Ramadhan, kalau bisa juga puasa-puasa sunnah lainnya. Karena puasa dapat mengendalikanhawa nafsu  yang selalu mengajak kepada kejelkan. Seorang  remaja juga  harus zakat, baik zakat fitrah aupun zakat mal. Di samping itu , seorang remaja juag harus rajin bersedekah dan menolong orang-orang yang tidak mampu, Karena  perbuatan ini akan menghilangkan sifat egois danmenyadarkan akan pentingnya menjadi orang yang bermanfaat  bagi orang lain. Jika tergolong orang yangmampu, seorang remaja juga diharapkan melakukan ibadah haji. Karena dengan berhaji maka kesombongan dan  kecongkakan akan hilang dan dirinya. Dan lain-lainnya.

Dengan melakukan perbuatan-perbuatan ini, spiritualitas seorang remaja yang kuat, sehingga ia dapat membentengi dirinya dari setiap godaan yang akan menghancurkan dirinya baik dunianya maupun akhiratnya.

  1. Mengikuti Kegiatan Intra dan Extrakurikuler Yang Pasif

Dengan mengikuti kegiatan intra atau extra kurikuler yang positif., seorang remaja akan terhindar dari kekosongan waktu. Kekosongan waktu biasanya mendorong remaja keluar rumah dan menghabiskan waktunya untuk hal-hal yang dapat mengarahkan dirinay kepada NARKOBA. Namun jika seorang remaja memiliki kongkow-kongkow dengan teman-temannya untuk sesuatu yang tidak perlu.

  1. Memilih Teman Yang Baik

Pergaulan akan mempengaruhi perilaku seseorang. Orang yang berteman dengan orang yang baik, kemungkinan besar ia akan baik. Sebaliknya orang yang berteman dengan orang jahat, kemungkinan besar ia juga akan ikut jahat. Karena itu, remaja hendaknya memilih teman yang baik, agar ia juga ikut baik.

  1. Berpikir Jangka Panjang

Remaja harus memiliki pandangan yang luas dan berwawasan ke depan. Ia harus mampu memikirikan semua perbuatannya, apa dampak positif dan negatifnya, Jika suatu perbuatan akan mendatangkan dampak negatif, maka ia harus menjauhinya. Dalam hal NARKOBA jelas dampak negatifnya sangat banyak, karena itu tidak ada pilihan lain bagi remaja, kecuali menjauhinya.

Jika remaja mampu melakukan 5 (lima) hal di atas seorang remaja pasti akan mampu menjaga dirinya dari ancaman NARKOBA. Hanya remaja-remaja yang mampu mengendalikan dirinya dari NARKOBA yang akan dapat meraih masa depannya dengan gemilang.

Nah bila kita semua sudah tahu dampak buruk dari obat-obatan terlarang seperti narkoba mematikan mengapa pula narkoba dijadikan untuk meraup keuntungan yang besar?  Dari segi ilmu pengetahuan manapun baik agama maupun kesehatan tidak ada untuknya bagi kita mengkonsumsi obat-obatan

Salam Dari Penulis,

NOVY ER

Twitter @NovyWriter

Daftar Pustaka / Sumber :

  1. Sekuntum Mawar Untuk Remaja by Ust. Jeffri Al Bukhari (UJE)
  2. Buku Saku dari Badan Narkotika Nasional
  3. Sumber-sumber terpercaya lainnya

 

 

Untuk semua usia tua muda, pria wanita, remaja, dewasa, ibu rumah tangga, karyawan(ti)….. Yang mau belajar nulis dan ngeblog bareng-bareng namun belum sempat bikin blog sendiri ayo gabung bersama kami.

Grup FB : http://www.facebook.com/#TravelWriting

Website :#TravelWriting

Whats App Grup “Writer” +628123368731

BBM Grup “Writer” 2AC53D74

2 thoughts on “NARKOBA MERUSAK ANAK BANGSA YANG PALING BAHAYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s