Perhitungan 1 Syawal


Singkat saja.. Daripada meributkan penetapan 1 Syawal untuk menyambut hari kemenagan (tentu saja bagi yang menang ibadah puasa Ramadhannya) guna sholat Ied (idul Fitri), lebihbaik ikuti cara Rasulullah dalam menentukan waktunya. Bila bulan tidak kelihatan atau cuaca mendung yang mengakibatkan bulan tidak menampakkan kcantikannya, ya 1 Syawal itu jatuh setelah bulan suci Ramadhan 30 hari.

Namun bila bulan kelihatan, puasa Ramadhan hanyalah 29 hari dan esoknya bisa melakukan sholat ied bersama-sama tanpa ada perbedaan.

Perbedaan memang terjadi itu hal biasa karena menyangkut banyak orang yang berbeda-beda dan beda itu memang indah karena ilmu kita semakin bertambah. Kita akan terus mempelajari ilmu-ilmu yang makin berkembang termasuk perhitungan penetapan bulan Syawal.

Alangkah senang hati umat Islam sedunia bila dengan banyaknya aliran dalam agama Islam namun tetap satu dalam merayakan hari raya Idul Fitri.

Kenapa diributkan? Ayo bersatu dalam meraih kemenangan di hari raya Idul Fitri ini dengan hati tulus ikhlas menerima kapanpun datangnya 1 Syawal yang ditetapkan oleh Pemerintah RI? Kita kan punya satu pimpinan, ya biar saja pimpinan itu yang menetapkan. Jangan semua aliran dalam agama ISlam turut menetapkan sendiri-sendiri tanpa ada pencapaian musyarawah untuk mufakat? Simaklah Panacsila keempat, kita butuh musyawrah baru sang pimpinan memutuskan.

Gitu aja kok repot….

Mohon maaf lahir batin

Dari Sang Penulis, Novy ER

 

Untuk semua usia tua muda, pria wanita, remaja, dewasa, ibu rumah tangga, karyawan(ti)….. Yang mau belajar nulis dan ngeblog bareng-bareng namun belum sempat bikin blog sendiri ayo gabung bersama kami.

Grup FB : http://www.facebook.com/#TravelWriting

Website :#TravelWriting

Whats App Grup “Writer” +628123368731

BBM Grup “Writer” 2AC53D74

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s