kerukunan Umat Beragama Ada Di Malang Raya


Malang Raya terkenal hawa yang adem (=dingin).  Ternyata tidak  hanya hawanya yang adem, sejuk namun suasana keragaman umat beragama tercipta di Malang ini juga menambah kehangatan akan potensi Malang Raya yang tentram. Lihat saja tempat-tempat ibadah yang lengkap dari Umat Islam, Nasrani, Huindu, Budha danKhonghucu ada semua di Malang Raya (Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang. Simak di http://novavilla.wordpress.com/).

C360_2015-12-25-12-07-42-889[1]
Foto depan gereja historis Malang yang halaman depannya dipakai parkir kendaraan Umat Muslim yang sholat Jum’at 
Bahkan di salah satu  jalan yang ada di Kota Malang, masjid dan gereja berdampingan rukun. Tidak benar juga bila dua umat beragama terbesar di Indonesia ini selalau bentrok. Sudah dibuktikan. Dengan adanya pengajian AL Khidmah (dan dzikir-dzikir lain) yang sering digelar di halaman depan Masjid Jamik Malang  para jamaah nya selalu memenuhi jalanan hingga di depan gereja. Bahkan itu sering juga dilakukan saat hari Minggu di mana umat Nasrani sedang melakukan peribadatannya. Belum lagi bila sholat Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha digelar. Pasti jamaah melimpah ruah di sepanjang jalan tersebut. Umat Nasrani tidak pernah protes. Umat Islam juga tidak melarang Umat Nasrani bernyanyi-nyanyi tanda ucap syukur pada Tuhannya. Tidak ada sara di kota Malang dan sekitarnya.

Begitu pula di area Jl. Gajah Mada Batu.Klenteng tempat ibadah umat Khonghucu bertahun-tahun adem ayem bertahan di sana.

Ada pantaiBAlekambang di Malang Selatan yang ramai pengunjung karena kecantikan pantainya. Seolah-olah kita berada di Tanah Lota Bali yang tersohor itu.

Semua bersatu. Ingin mewujudkan persatuan dan kesatuan umat beragama di negeri ini. Di kota Malang Raya yang penuh daya tarik tersendiri dan bisa jadi contoh buat kota lain di Indonesia.

So…mengapa kita mesti mengekspose  berita-berita tentang negeri kita hingga negerilain ikut mendengarnya dan jadi prihatin? Menganggap Indonesia banyak teroris, sara, tempat mangkalnya narkoba memalukan.

Masih banyak potensi yang dimiliki negerikita tercinta. Masih banyak obyek wsata di Malang Raya? Ada wisata religi dengan kerukunan beragama, potensi alam, adventure dan lain sebagainya. Malang cocok sebagai tempat menimba ilmu. Selain hawa yang sejuk, suasana tentram juga.

Ayo bersatu dalam persatuan dan kesatuan negeri iniyuk. Kita jadikan contoh kota-kota lain di Indonesia.

Bravo Malang Raya.

Salam  Ukhuwah,

Untuk semua usia tua muda, pria wanita, remaja, dewasa, ibu rumah tangga, karyawan(ti)….. Yang mau belajar nulis dan ngeblog bareng-bareng namun belum sempat bikin blog sendiri ayo gabung bersama kami.

Grup FB : http://www.facebook.com/#TravelWriting

Website :#TravelWriting

Whats App Grup “Writer” +628123368731

BBM Grup “Writer” 2AC53D74

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s