Pasca Ramadhan


Tahun 2013….

Tadarusan di bulan suci
Tadarusan di bulan suci

Ramadhan telah pergi meninggalkan kita tiga hari yang lalu. Suasana syahdu masih terasa. Diiringi gema takbir berkumandang yang menggetarkan jiwa, sebenarnya bukan karena Idul Fitri sudah datang meyambut kita meraih kemenangan. Sudah tidak lagi menahan makan dan minum di siang hari, Bagi pasangan suami istri juga bisa lagi melakukan kemesraan di siang hari.

Ramadhan pergi jauh meningalkan kita semua,

“Apa yang sudah kita dapatkan?”

“Puasa hanya menahan makan minum, puasa  hanya karena untuk memenuhi kewajiban sebagai Umat Muslim?” 

Ataukah puasa kita ikhlas hanya karena Allah ta’ala?”

Yang tahu hanya kita semua dan Allah yang akan menilai puasa kita,. Serahkan semuanya pada NYA. Kita masih bisa berpuasa Alhamdulillah, karena di luar sana masih banyak yanbg mengaku Islam tetapi tidak pernah sholat, apalagi puasa Ramadhan yang hanya sebulan dalam setahun.

Dengan kepergian bulan suci Ramadhan, seharusnya bukan kegembiraan apalagi dengan pesta kembang api tapi terbersit di lubuk sanubari terdalam berkata, “Ya Allah, masihkah tahun depan hamba bisa menikmati puasa Ramadhan dengan lebih khusyuk? Semoga Engau memperpanjang usiaku.Amin,”

Dalam hati yang jauh pula berkata, “Andai aku bisa memutarbalikkan peredaran waktu, aku ingin menundanya hingga aku bisa kebahagiaan tiada tara yang selama ini aku harapkan dengan doa tiada henti.” Eits, jadi sedikit curhat nih…

Apapun makna Ramadhan buat setiap manusia, semoga mengandung nilai-nilai postif untuk ke depannya menjadi manusia yang lebih baik lagi. Kita masih bisa mendatangkan bulan Ramadhan di bulan lainnya. Tetap istiqomah solat malam, lebih rajin baca Al Qur’an juga sholat lima waktu lebih ikhlas akrena Allah. Kabulkanlah Ya Allah!

Terawih ……….

Terawih Di masjid atau musholla .. subhanallah !!!
Terawih Di masjid atau musholla .. subhanallah !!!

Satu hal yang sedih karena tidak bisa dilakukan selain di bulan suci Ramadhan. Apa itu? Sholat traih berjama’ah di masjid atau musholla. Memang sunah, dan bisa dilakukan di rumah baik berjama’ah dengan anggota keluarga atau sendirian, tapi kenikmatan sholat terawih yang hanya bisa dilakukan di bulan suici ini adalah saat pergi ke Rumah Allah alias Masjid atau Musholla. Di sana selain berjama’ah kita bisa menyisihkan harta buat kotak amal yang tersedia di tempat ibadah umat Muslim. Kalau di rumah ? Kita tidak bisa lakukan ya?  Kita bisa keluar malam bukan untuk tujuan yang tidak jelas tapi lebih suci dan berpahala, yakni keluar malam untuk menambah amalan di bulan suci. Subhanallah… !!!

Idul Fitri….

Bagi anak-anak Idul Fitri  adalah saatnya memakai baju-baju baru mereka dengan mendapatkan uang saku dari sanak saudara.

Maafin yaa...
Maafin yaa…

Bagi yang hidup dirantau entah untuk menuntut ilmu maupun bekerja Idul Fitri adalah saatnya menikmati indahnya mudik dan berkumpul bersama keluarga besar di kampung halaman. Mengenang masa-masa indah di kampung asal.

Apapun makna Ramadhan & Idul Fitri, dengan tidak mengurangi nilai ibadahnya, saya menghaturkan :

SELAMAT IDUL FITRI

1 Syawal 1434 H

MAAF LAHIR BATIN yaaa………..

Salam Ukhuwah,

Novy E.R.

Untuk semua usia tua muda, pria wanita, remaja, dewasa, ibu rumah tangga, karyawan(ti)….. Yang mau belajar nulis dan ngeblog bareng-bareng namun belum sempat bikin blog sendiri ayo gabung bersama kami.

Grup FB : http://www.facebook.com/#TravelWriting

Website :#TravelWriting

Whats App Grup “Writer” +628123368731

BBM Grup “Writer” 2AC53D74

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s