#BelajarMenulis : Nulis Suka-Suka


‪#‎BelajarMenulis‬

NULIS SUKA-SUKA 
Written by : Novy E.R.

Mau nulis tapi nulis tentang apa? Bagi penulis profesional yang setahun bisa puluhan buku atau karya berupa apa saja begitu mudahnya mencurahkan ide dan gagasan menariknya dalam sebuah tulisan. ‘Kenapa aku tidak bisa seperti mereka?’ ‘Selalu buntu begitu hendak menulis.Padahal sebelumnya menumpuk ide-ide dari dalam otakku. Ugh!” “Darimana mereka mendapatkan ide segar untuk sebuah tulisan?” 
Seperti itu terjadi oleh penulis terlbih pemula dan yang ingin bisa menulis.

Kalian yang ingin menulis tapi tidak sempat atau binggung bagaimana memulainya termasuk yang ingin belajar menulis karena dalam hidupnya ingin menciptakan sebuah karya yang bisa dikenang sepanjang masa. Bahkan saat kita mati pun masih banyak orang yang mengingat kita karena karya kita. Seperti pujangga senior Chairil Anwar dengan puisinya yang berjudul AKU sangatlah terkenal dan tetap dikenang bahkan dibacakan ðî pentas-pentas seni.

Nulis Wisata Paling Nyaman & Menghasilkan
Nulis Wisata Paling Nyaman & Menghasilkan

Hal-hal yang perlu diperhatikan mungkin ini bisa jadi pembelajaran :
1. Awali dengan catatan harian (diary). Dengan mencurahkan kisah harian ke dalam buku pribadi kalian, sudah bisa menulis, bukan? Walau catatan yang hanya bisa kita yang membacanya.
Sudah menumpuk salinlah ke dalam komputer atau laptop atau tablet bahkan ke blackberry juga bisa. Bisa kalian print , diedit-edit dan siap disajikan jadi bacaan untuk publik.
2. Buat situs pribadi. Hari gini gak punya website atau blog? Kuno! Hehehe…. 
Masa sih internet hanya untuk lihat youtube, games online atau iseng belaka ? Jadilah obyek internet ? Yang positif. Yang bermanfaat bagi para penjelajah ðî alam maya. Menjadi blogger tempat dimana kita bisa menulis atau publikasi jualan online bisa dicoba.
Asal jangan ada unsur penipuan atau hal-hal negatif lainnya yaaaaaa ……….
3. Memulai sebuah tulisan nggak harus memikirkan kata-kata yang serius juga tema yang serius pula biar dipandang seorang yang intelek. Sederhana saja. Mengalir apa adanya apa yang melintasi rel pikiran kita. Anggap kalian nulis ðî buku harian manual. Nggak berani ngirim ke media cetak (seperti penulisnya ini yang kurang pede ngirim ke media cetak, padahal sudah ada beberapa dimuat) seringlah posting ðî blog. Berlatih terus setiap hari walau hanya satu lembar saja. Lama kelamaan akan terbiasa menulis (walau via blog) dengan kreativitas yang luar biasa. Jangan malu menjadi penulis blog. Teringat sabda Nabi,“Sampaikanlah walau satu ayat.” Menyampaikan satu lembar melalui blog sudah cukup bagus kita lakukan dengan berlatih menulis.
4. Kalau sekedar pengin menulis ðî blog tanpa tema tertentu silahkan buat blog dengan nama anda. Contoh : “annapunyakarya.blogspot.com” atau “sarahrahmawati.wordpress.com”
Dari sana bisa dibuatkan tema per kategori seperti kategori jenis fiksi untuk kumpulan cerita fiksi baik cerpen maupun novel, kategori wisata, kategori agama dan lain-lain menurut versi kalian. Mudah bukan bikin blog ? Ayo mulai sekarang ngeblog yuk….
5. Blog disediakan bukan untuk orang-orang iseng atau kurang kerjaan atau hanya ingin ngetop, tapi blog disediakan untuk orang-orang yang dipilih Tuhan untuk membuka potensi diri dan mengembangkan kreativitas yang dimilikinya. Blog untuk orang-orang yang memiliki expert atau kecakapan khusus yang berenergi positif.
6. Sering membaca buku atau novel karya orang lain untuk literatur bukan copy paste (copas) serta browsing. Anda sendirilah yang bisa menentukan tema kepenulisan karya Anda.

Yuk, mulai sekarang bikin blog, tulis dengan sederhana saja dan suka-suka, mengalir apa adanya.

Semangat Menulis. Maju terus penulis-penulis (calon & profesional) Indonesia Raya. Tunjukkan eksistensi positif kita ke dunia luar melalui karya tulis kita. Indonesia Pasti Bisa. Indonesia Menulis. (NV29)

Medio @12032014

 

 

 

Untuk semua usia tua muda, pria wanita, remaja, dewasa, ibu rumah tangga, karyawan(ti)….. Yang mau belajar nulis dan ngeblog bareng-bareng namun belum sempat bikin blog sendiri ayo gabung bersama kami.

Grup FB : http://www.facebook.com/#TravelWriting

Website :#TravelWriting

Whats App Grup “Writer” +628123368731

BBM Grup “Writer” 2AC53D74

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s