(Materi Pelajaran IT) Akses Internet


AKSES INTERNET
Written by : Novy E.R. Twitter @NovyWriter


cropped-wacana-online.jpg

Apa yang kalian buka pertama kali di internet saat komputer atau laptop dinyalakan ?
1. Facebook, Twitter,… (Jejaring sosial lainnya ?)
2. Youtube
3. E-Mail & Yahoo Messenger
4. Google (Untuk pencarian yang diinginkan?)
5. Lainnya …..

Tergantung setiap individu apa tujuan mereka mengakses internet. Ada yang sekadar iseng browsing, ada yang memang internet untuk kerja, ada yang mencari literatur dan sebagainya alasan tiap-tiap orang dalam mengakses yang namanya internet.

Hidup di zaman akhir di mana teknologi makin canggih dan kebutuhan akan internet terus meningkat jumlah penggunanya, mau tidak mau kita meski melek teknologi. Jangan gagap teknologi. Banyak informasi yang kita dapatkan dengan mudah. Sekali buka situs Google (yang kini dijuluki oleh orang Indonesia ‘Mbah Google’ tempat buat buat pencarian aneka topik) sudah muncul berbagai situs yang menampilkan judul-judul yang hendak kita buka dan baca-baca. termasuk persaingan di dunia internet seperti bisnis merajalela. Internet begitu mudah untuk publikasi bidang usaha kita.

Google dan Youtube mungkin itu yang paling sering dibuka. Google karena situs berbasis pencarian informasi yang mudah dengan desain web yang sederhana. Sedangkan Youtube adalah pencarian informasi melalui video. Video musik, film, dakwah, bahkan ajang promosi diri dan usaha juga banyak disebar melalui situs video terbesar satu ini.

YOUTUBE favorit saya karena buat teman menulis. Kenapa ? Karena sembari nulis saya bisa mendengarkan lagu-lagu yang kuinginkan. MAu lagu terbaru maupun lagu-lagu jadul yang terkadang amsih enak didengar hingga kini. Atau lagi mengalami kekosongan ide nulis, ya lihat film karya teman atau mendengarkan dakwah (ini bisa juga kusambi nulis,hehe…)
Mengawali akses internet so pasti youtube andalan (bila nulisnya malam-malam). Kini jarang banget mendengarkan lagu melalui file lagu di komputer karena youtube lebih asyik buat dengerin lagu atau dakwah sembari nulis.

E-MAIL pastilah buat cek atau nulis surat elektronik. cek milis juga mengasyikkan. Kirim-kirim naskah tulisan nggak perlu repot-repot diprint, dibendel dan nyari waktu ngirim ke kantor pos karena e-mail hanya dalam hitungan detik sudah nyampai ke yang kita tuju. Bahkan e-mail gagal juga langsung dapat pemberitahuan (GPL alias Gak Pakai Lama nunggu sudah nyampai belum ya?)

FACEBOOK & TWITTER situs jejaring sosial online terbesar ini asyiknya buat baca-baca status atau tweet teman yang bisa jadi ide menulis juga lho… Eehh ajang promosi juga kali dan pastinya juga merupakan sarana paling irit biaya publikasi, hehe..

YAHOO MESSENGER, di era 90an hingga 2008 an sarana chatting ini ramai dan banyak peminat. Semenjak Facebook ada layanan chatting, Yahoo Messenger atau YM kok jadi sepi ya. hanya beberapa yang masih menggunakan layanan chatting ini. Padahal asyik juga chatting di YM buat sarana silahturahmi atau ngobrol-ngobrol iseng bersama teman. Yang mau chatting via YM yuk ke sana yuk… Add aja dari blog aku yang sudah terpasang widget YM.

MILIS (MAILING LIST). Satu lagi yang sekarang jarang dikenal dan dipergunakan para netter (sebutan pengguna internet) adalah MILIS. Tau nggak apa itu MILIS? Milis itu singkatan dari Mailing List adalah sebuah wadah grup diskusi di internet di mana setiap orang bisa berlangganan dan ikut serta didalamnya. Anggota milis dapat membaca surat dari orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Secara sederhana, milis adalah sebuah daftar alamat surat elektronik yang mempunyai kesukaan atau kepentingan yang sama. termasuk milis alumni sekolah kita. Kini milis kok jarang dikenal dan digunakan.

Internet yang makin popular ini sepertinya lebih bermanfaat sebelum banyaknya situs jejaring sosial ikutan update. Dulu ada YM, Milis, e-mail sering digunakan untuk hal-hal yang memang dibutuhkan. Sekarang orang buat email hanya untuk buka facebook terus dilupakan. Padahal email lebih manfaat juga terutama di dunia kerja & usaha. E-mail yang tidak dibuka sama sekali juga akan hangus, tentu akan bermasalah juga pada situs sosmed yang bila kita masuknya menggunakan email yang dibiarkan begitu saja.

Saran saya pergunakan internet dengan :

1. NIAT yang baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Innamal A’malu Bin Niyat,Sesungguhnya setiap amalan harus disertai
dengan niat. Setiap orang hanya akan mendapatkan balasan tergantung
pada niatnya.

2. MILIKILAH E-MAIL, jangan banyak memiliki email (paling banyak dua akun
email saja agar tidak merepotkan). Satu untuk situs jejaring sosial seperti
FB, Twitter dan satunya bial Anda untuk pekerjaan rutin di kantor Anda atau
usaha Anda. Tapi bila internet hanya sekadar browsing dan buka facebook
saja , milikilah satu email dan jangan lupa sering dibuka seperti Anda
membuka FB ya agar tidak hangus.
Tidak punya akun FB atau Twitter, E-mail tetap dibutuhkan di zaman
teknologi makin canggih ini, so kenapa nggak membuat saja ? Gratis dan
mudah. Ada Gmail, Yahoo, Hotmail atau pilihan situs lain untuk membuat
email.

3. FB juga jangan sekadar ikut-ikutan lantas nggak pernah dibuka akan penuh-
penuhi sampah internet saja, selain itu oleh pihak utama admin FB akan
menutup akun Anda yang tidak eksis lagi. Bisa dianggap akun palsu.
Pergunakan untuk ajang silahturahmi dengan teman-teman lama,
komunitas yang sesuai dengan minat Anda misal Komunitas Penulis,
ajang usaha yang tidak membohongi pihak customer yang akan
menggunakan jasa Anda atau membeli produk Anda.

4. …….. (apalagi ya ? Ntar bila ada tambahan lagi menyusul..)

Nah, Anda termasuk netter (pengguna internet) yang manakah?(NV29)


Malang Raya @27032014

 

 

Untuk semua usia tua muda, pria wanita, remaja, dewasa, ibu rumah tangga, karyawan(ti)….. Yang mau belajar nulis dan ngeblog bareng-bareng namun belum sempat bikin blog sendiri ayo gabung bersama kami.

Grup FB : http://www.facebook.com/#TravelWriting

Website :#TravelWriting

Whats App Grup “Writer” +628123368731

BBM Grup “Writer” 2AC53D74

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s