Tulisan = Kata Hati Yang Bicara


MENULIS ITU HATI YANG BICARA
Written by : Novy E.R.

“Menulislah dengan jujur, mengalir dan benar dan tak perlu terbebani harus bagus”

Banyak para pakar penulis yang profesional selalu bilang seperti itu. Karena menulis yang bagus itu bukan kita bisa merangkai kata-kata dengan kalimat yang gaya bahsa tinggi, namuan menulis yang bagus itu adalah mengalir dengan sendirinya, jujur dan qana’ah, tak dibuat-buat. Menulis itu adalah ungkapan hati yang tidak bisa diungkapkan melalui kata-kata.

Menulis tak perlu terbebani harus nulis tentang ini dan itu.
Musim kampanye partai politik ada keinginan menuliskannya, tapi kita tak bisa dan dapatkan ide buat nulis. Ya sudah jangan ikut-ikutan nulis tentang parpol dong.
Musim musibah erupsi kelud yang baru terjadi bila kita juga tak berminat ya jangan diambil untuk bahan tulisan karena jadinya kita menulis dengan paksaan. Bukan dari hati.

Seorang novelis yang mencetak hits, bukunya jadi best seller karena telah menulis novel cerita cinta yang memiliki nilai-nilai spiritual dan pencerah jiwa, ya jangan ikut-ikutan kalau kita nggak memiliki skill untuk menuliskannya dengan tema tersebut. Bila kemampuan kita hanya bisa nulis cerita mini atau Flash Fiction atau novel komedi, silahkan diteruskan. Siapa tahu di kemudian hari akan jadi best seller.

Ingin menulis puisi seindah pujangga senior Chairil Anwar tetapi tidak bisa-bisa, sementara kemampuan nulis puisi hanya pengolahan kata-kata yang sederhana tidak ada masalah. Nggak perlu dikirim kemdia kalau nggak yakin, cukup posting di blog yang sudah kalian buat. Lalu dikumpulkan jadi satu buku buat koleksi pribadi atau souvenir kenangan buat teman-teman atau rekan bisnis kalian saja. Tetap bisa berkarya untuk dibaca khalayak umum kan?

Yang pasti setiap hari berlatih menulis dari hati, apa adanya, gaya sederhana tema apapun tetap menarik. Dimulai dari buku harian offilnes ke blog. Rutin setiap hari so pasti ada keyakinan diri menulis kita akan meningkat dan kualitas menulis kita juga menjadi lebih baik.

INGAT! Setiap karya itu tidak ada yang jelek. Percayalah! (NV29)
Malang Raya @ 07042014

 

 

Untuk semua usia tua muda, pria wanita, remaja, dewasa, ibu rumah tangga, karyawan(ti)….. Yang mau belajar nulis dan ngeblog bareng-bareng namun belum sempat bikin blog sendiri ayo gabung bersama kami.

Grup FB : http://www.facebook.com/#TravelWriting

Website :#TravelWriting

Whats App Grup “Writer” +628123368731

BBM Grup “Writer” 2AC53D74

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s